Tips Membuat Daftar File Di Dalam Folder

Aduhh, bener nggak yah sob kira-kira judulnya?? Bingung banget soalnya cari kata-kata yang tepat, akhirnya terpilihlah judul Tips Membuat Daftar File Di Dalam Folder. Kira-kira bisa dimengerti nggak sob judulnya?? pasti bisa yah,, kalau nggak bisa, langsung kita bahas aja deh, ok

Sebenarnya maksud dari judul Tips Membuat Daftar File Di Dalam Folder seperti ini sob, anda mempunyai sebuah folder yang isi file dan foldernya tuh banyak banget. Kebetulan anda ingin membuat daftar isinya (biar tau file apa aja yang ada didalamnya). Mmm, kira-kira cara apa yang anda gunakan?? catet nama filenya satu-satu?? Huehhh,, cape deh, hehe. Dari pada catet satu per satu, mendingan simak tips ringan dari saya ini, dijamin simple dan berguna banget deh.

Cara nya :

  • Buka Command Promt (win + r, ketik cmd)


  • Kemudian masuk ke folder yang ingin dibuat daftarnya. Disini saya memberi contoh folder yang bernama pemrograman yang berada di drive "D:\".

  • Ketik "D: <enter>" (tanpa tanda kutip, dan <enter> berarti anda tekan enter yah)

  • CD Pemrograman <enter>


  • DIR *.* /S/B > DaftarIsi.txt (perintah ini bertujuan untuk menampilkan semua file yang ada di folder yang kita pilih dan termasuk subfoldernya).


  • Atau,,

  • DIR *.doc /S/B > DaftarIsi.txt (Perintah ini bertujuan menampilkan semua file word (.doc)).

  • Selesai

Bagaimana?? sudah dilihat hasilnya?? Silahkan anda bereskperimen sendiri yah untuk mengembangkannya. Okeiii

NB : Untuk mengetahui perintah atau bantuan, ketik "DIR /?".

Selamat mencoba,,
Salam




 
Copyright © Astaga Lifestyle